Brigadeiro Chocolate

Niat mendapur itu ajaib ya kalau saya bilang. Buat saya yang amatiran ini masalah niat itu bagaikan pasang surut air laut, huahaha… Yakin deh, bisa tiba-tiba dengan rajinnya langsung eksekusi kalau pas lagi oke hehe.

Dan kemarin, ketika sekrol-sekrol IG, ketemu tutorial bikin cemilan yang sepertinya ringkes dan gak ribet, namanya Brigadeiro Chocolate. Huopo iku???

Brigadeiro chocolate atawa coklat brogadeiro ini makanan dari Brazil. Jauh yak! Makanan ini terbuat dari condensed milk atau susu kental manis yang dimasak bersama coklat bubuk. Konon katanya, makanan ini diciptakan setelah perang dunia kedua, dimana saat itu sangat sulit menemukan gula. Maka jadilah susu kental manis sebagai pengganti dan terciptalah si coklat brigadeiro ini.

Coklat brigadeiro ini dikenal juga dengan sebutan coklat truffle. Dan makanan ini termasuk dalam kategori permen ya, tepatnya soft candy. Cocok buat anak-anak memang, mengingat namanya anak-anak itu pasti ngefans sama segala sweets, termasuk si Ai. Jadilah kemarin saya mendapur ditemenin sama si Ai, yang hepi banget karena tumben mamap bikin coklat 😀

Bahan utamanya ya susu kental manis, dan coklat bubuk. Cara membuatnya juga mudah. Sebenarnya coklat ini bisa divariasikan dengan macam-macam ya. Untuk taburan tidak harus selalu coklat meses, bisa dengan kacang, atau almond, ya sesuka yang bikin aja. Tapi saya kemarin pake coklat meses, karena sudah ada di rumah hehe.

Resep Brigadeiro Chocolate

Bahan:
30 gram butter (saya pakai margarin biasa)
400 gram susu kental manis putih (saya pakai 1 kaleng)
40 gram coklat bubuk

Pelengkap:
1 bungkus coklat meses

Cara membuat:

  1. Siapkan piring, olesi dengan butter atau margarin. Sisihkan.
  2. Panaskan wajan atau panci dengan api kecil, masukkan butter, susu kental manis, dan coklat bubuk.
  3. Masak hingga mengental, ingat adonan harus diaduk terus menerus sampai mengental.
  4. Setelah sampai pada kekentalan yang diinginkan, matikan api, tuangkan adonan ke piring yang sudah diolesi butter tadi, dan simpan di lemari es selama 1-2 jam.
  5. Setelah 1-2jam, adonan brigadeiro siap untuk dibentuk. Bulatkan sesuai selera, dan gulingkan di atas coklat meses.
  6. Sajikan!
    *untuk penyimpanan: simpan di lemari es
Brigadeiro Chocolate ala mamap
Brigadeiro Chocolate ala mamap
jadinya lumayan banyak
Jadinya lumayan banyak, dibawa Ai ke sekolah dan dibagi-bagi sama temannya. Semua senang!

Oh ya, berikut ini resep yang saya ikuti via IG:

 

Nah, simpel kan! Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *