Puding Roti Panggang

Along with the Ayam Panggang Kecap that I’ve made, saya jugak eksperimen bikin puding. Tapi, karena saya ini sophisticated (baca: suka kewanen gak jelas) saya pengen pudingnya dipanggang. Ehehe, gaya banget gak sih saya orangnya ­čśÇ

Sekali lagi, ini masih dalam rangka up close and personal sama si otang. Harapannya ya, saya jadi kenal lebih baik lagi sama otang, jadi ke depan bisa kolaborasi memproduksi makanan yang lebih enak enak enak lagi. Ini sih harapan saya ya, gak tau deh si otang gimana ­čśŤ

Sebenarnya saya pernah juga bikin puding roti tawar, cuma waktu itu bikin dengan metode roti tawar yang dihaluskan dengan susu baru dimasak dengan agar-agar. Bisa ditengok resepnya di Puding Roti Tawar. Kalo metode panggang ini gak pake agar-agar bubuk ya. Term “puding” disini lebih ke makanan yang memiliki tekstur lembut dan lembek.

Jadi, setelah cek-cek kanan kiri di gugel, ketemu lagi di JTT yang kayanya saya cocok. Cuman dari resep puding roti panggannya mbak Endang JTT, saya eksekusi setengah resep saja. Praktis, semua bahan saya bagi dua dari resep aslinya, ketebalan roti juga menyusut jadi setengahnya deh.

Puding Roti Panggang
*cek resep asli di Just Try and Taste

Bahan:
– 5┬álembar┬ároti tawar, jangan buang kulitnya
– 300 ml susu cair full cream
– 2┬ábutir telur
– 75┬ágram gula pasir
– 2┬ásendok makan coklat bubuk + 50 ml air panas, larutkan
– ┬Ż sendok makan tepung maizena
– 1 sendok teh bubuk vanili
– 1┬ásendok makan margarine/mentega, cairkan

Bahan pelengkap:
– choco chips
– pisang (iris tipis untuk toping)
– keju parut secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 180’C, api atas dan bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah. Siapkan loyang, olesi dengan margarin pada permukaannya.
  2. Potong-potong roti menjadi berbentuk segitiga, tata potongan roti di dalam loyang secara merata. Taburkan choco chips di lapisan-lapisan roti (bisa juga memakai coklat meses).
  3. Tuangkan susu cair ke roti sambil permukaan roti ditekan-tekan dengan spatula, lakukan perlahan hingga susu terserap semua oleh roti. Sisihkan.
  4. Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga berbusa (saya pakai whisk biasa). Tambahkan larutan coklat bubuk dan bubuk vanili, kocok rata. Masukkan tepung maizena dan margarin cair. Aduk rata hingga menjadi adonan yang smooth, jika adonan bergerindil saring dengan saringan kawat hingga adonan halus.
  5. Tuangkan adonan ke loyang berisi roti, tata irisan pisang, taburkan choco chips dan keju di permukaannya. Panggang selama 40 – 45 menit. Puding akan mengembang dan naik tinggi saat dipanggang dan akan kempis ketika telah dingin. Keluarkan dan dinginkan.
  6. Potong-potong puding jika benar-benar telah dingin karena puding akan mengeras dan padat.
Ini sisa baru keinget difoto, jadi maapkeun :D
Ini sisa baru keinget difoto, jadi maapkeun ­čśÇ
Tampak samping. Huyey!
Tampak samping. Huyey!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *