Puding Labu Kuning

Aloha temans. Selamat menjalankan ibadah puasa ya, semoga puasa kita lancar sampai nanti akhir Ramdhan, dan juga mendapat keberkahan bulan Ramadhan ini. Aamiin.

Buat ibu-ibu kayak saya ini, problematika setiap hari cuma satu: “mau masak apa hari ini?!” Dan saat bulan puasa begini, problematikanya juga jadi makin hebring. Hahaha, padahal ya gak juga sih. Tukang sayur juga ada, cuma biasalah drama 😀

Masak saat bulan puasa begini, selain kewajiban masak makanan pokok lauk-sayur, juga biasanya ketambahan pengin sesuatu yang manis-manis buat buka puasa. Ya kan! Beuh, kalo jajan diluar bisa kalap itu semua dibeli dan berakhir kekenyangan perut begah juga karena buka puasanya kalap. Nasib 😛

Nah, hari ini tumben sekali saya dapat energi buat eksperimen di dapur bikin takjil. Ga usah susah-susah, bikin puding aja yuk. Kali ini saya pengin bikin puding labu, karena tante bungsu sudah teriak-teriak dari kapan taun “mbaaa, bikin puding labuuu…”

So let get started! Resep lengkapnya saya lihat di dapur mama aisyah. Cantik bingit pudingnya. Pas saya yang bikin jadi gak secantik itu karena apa? Karena tidak sabar. Hehe, jadi lapisan pertama belum set udah main tuang lapisan kedua aja. Bisa ditebak, adonan jadinya nyampur deh. 😀puding-labu

Puding Labu Kuning (Lapis Coklat)
resep dari dapur mama aisyah

Bahan:
250 gr Labu kuning
1 bks agar-agar plain
500 ml susu cair
200 ml air
100 gr gula pasir
sejumput garam
2 sdm coklat bubuk (larutkan dengan sedikit air hangat)

Cara membuat:
1. Kukus labu kuning hingga matang, haluskan (bisa diblender atau menggunakan garpu)
2. Setelah labu kuning halus, campurkan dengan susu cair, gula, sejumput garam, agar-agar, aduk rata. Didihkan di atas api sedang sambil diaduk. Angkat.
3. Ambil 1/3 bagian, campurkan coklat, aduk rata. Sisihkan.
4. Tuangkan agar kuning ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air. Tunggu uap panas hilang dan terbentuk lapisan di bagian atas tapi bagian bawahnya masih goyang (belum keras). Tuang lapisan coklat perlahan supaya tidak bocor. Biarkan mengeras dan sajikan dingin

Note: jika lapisan kuning terlanjur mengeras, gores dengan garpu sebelum dituang lapisan coklatnya supaya hasilnya lapisannya nanti menempel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *