Menyoal Jodoh

*Warning: this is so random. 

Ada sebuah percakapan antara saya dan tante bungsu bertahun lalu yang waktu itu baru menyepakati perpisahan sama seseorang (baca: putus). Kira-kira setelah ngobrol ngalor ngidul, dia bilang, “kayaknya lebih enak kalo udah punya pacar sebelum kerja deh daripada mencari pacar pas udah kerja. atau gini, sekarang pisah, trus besok pas dah sama-sama kerja ketemu trus nikah.”

Dimana-mana pasti jawabannya: ya iyalah, udah ga perlu pusing memikirkan soal jodoh. Iya kan? Setelah itu gak ada lagi obrolan soal itu. Saya juga lupa.

Tapi semalam, sembari perjalanan pulang ke rumah dari pantai yang cukup lumayan jarak tempuhnya, tiba-tiba saya ingat soal ini dan akhirnya jadilah ngobrol bersama mas suami. Pasalnya, waktu itu saya dan mas suami lagi ngobrolin soal teman kantornya yang baru saja menikah, jadilah saya juga menimpali dengan ngobrolin seputar jodoh, obrolan pun bergulir ke topik itu tadi. Dan surprise surprise, ternyata mas suami sependapat dengan apa yang dibilang sama tante bungsu beberapa waktu lalu. HoHo!

Menurut mas suami, selain mungkin iya sudah pasti ada rasa ayem kalo sudah punya pasangan, ada lagi pertimbangan lain. Kekurangan kalau baru mencari jodoh menurut mas suami: ketika orang sudah bekerja, asumsi dari sebuah hubungan pastilah mengarah ke pernikahan. Padahal belum tentu. Namanya orang memulai hubungan, pasti ada banyak yang dicari, tapi belum tentu ingin segera menikah dengan orang yang diajak memulai hubungan.

And I was like, “what!” Masa sih?

Terus buat apa dipacarin dong???

Hmm… ada sesuatu yang saya sadari berbeda. Ternyata ini lho dari sudut pandang seorang lelaki. Sementara saya dan tante bungsu itu kan perempuan. Dan saya sadar, pihak perempuan cenderung akan berharap sebuah hubungan yang mereka mulai bersama seorang laki-laki akan kemudian bisa dibawa sampai jenjang pernikahan. Atau minimal ya saya aja yang berpikiran begitu. Ya ampun betapa naifnya aku~~~

Ada banyak pertimbangan sebelum menikah, ya saya tahu itu. Kadang saya melihat ada yang bertahun-tahun pacaran ga juga nikah, akhirnya putus. Tapi yang baru ketemu sebentar tau-tau nikah aja loh. Still, urusan jodoh ini memang misterius.

See, I’m so random 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *