Kroket Makaroni Keju

Hari Jumat lalu adalah cooking day di sekolah Ai. Seperti biasa, kalau yang namanya cooking day maka akan ada satu resep yang akan diuji coba, dibuat bersama-sama. Walapun pada akhirnya bunda guru yang repot dan anak-anak yang main belepotan, ehe. Tapi poinnya tetap melibatkan anak dalam proses masak. Dari pengenalan bahan, membuat adonan, sampai finishing. Bagian yang melibatkan kompor atau pisau biasanya akan dipegang oleh bunda guru. Jadi gitu.

Nah, jumat kemarin Ai membawa pulang hasil cooking day, sambil cerita “ini enak banget loh map” Jadi resep yang dieksekusi adalah kroket makaroni keju. Makaroni? Ada kejunya pula? Jelas pasti anak-anak suka kalo ini sih. Dan Ai minta dibuatkan, maka okelah mari kita coba bikin.

Gugling resp kanan kiri, akhirnya saya bikin pake resep di cookpad punya mbak emma rosa. Saya bikin versi iritnya, tanpa telur atau daging, bumbu tambah kanan kiri sedikit, Bisa divariasi ditambah telur puyuh, daging ayam atau kornet, atau wortel serut, pasti tambah enak. Ini saya share resepnya ya.

zoom in :D
zoom in 😀

KROKET MAKARONI KEJU

Bahan:
Elbow Makaroni 100 gr
Margarin 100 gram
Susu Cair 375 ml
Tepung Terigu 150 gram
Keju Cheddar 75 gram
Bawang Bombay setengah siung
Bawang Putih 1 siung
Lada secukupnya
Pala secukupnya
Garam secukupnya
Royco 1 sachet
Tepung Panir secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus makaroni sampai empuk, biasanya 8-10 menit. Setelah empuk, angkat, sisihkan.
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay dalam margarin, tambahkan lada, pala, garam, dan penyedap, tumis sampai harum.
3. Tambahkan terigu, aduk rata, kemudian tambahkan susu cair, aduk sampai adonan licin dan tidak bergerindil. Kemudian tambahkan makaroni, aduk rata dan matikan api.
4. Adonan bisa dipindahkan ke wadah atau baskom, kemudian tambahkan keju parut, aduk lagi sampai rata.
5. Bentuk adonan sesuai selera, gulingkan dalam tepung panir, basahkan dalam susu cair, kemudian gulingkan lagi dalam tepung panir. Lakukan sampai adonan habis.
6. Setelah itu adonan siap digoreng, goreng hingga kuning keemasan, dan hidangkan hangat. Bisa dimakan menggunakan mayonais atau saus sambal, sesuai selera.

Selamat praktek!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *