Banana Cake Kukus

Hola! Ketemu lagi di DCP, yang mana kepanjangan dari “Dirottsaha Cake Project” 😀

Jadi gini, kemarin saya berkesempatan eksekusi salah satu cake kukus, dan hasilnya cukup menggembirakan. Karena rasanya enak dan wujudnya oke punya. Setelah suka gatot gatot kalo bikin kue, ini merupakan prestasi tersendiri buat saya hehehehe 😀 *lebay tapi gakpapah

Jadi, beberapa waktu yang lalu saya dan keluarga pulang ke rumah leluhur suami di barat kali Progo sanah. Kembali menikmati pemandangan asri nan menyejukkan. Dan pulangnya tentu saja dibawakan macam-macam hasil bumi (alhamdulillah). Salah satunya dibawakan pisang segala rupa.

Saya sebut segala rupa karena memang tidak satu jenis pisang saja. Ada pisang raja, pisang kepok, dan (kayaknya sih) pisang palembang. Alhamdulillah, bisa bagi-bagi tetangga kanan kiri.

Nah, saking banyaknya pisang di rumah, yang mana makannya juga dikit-dikit, si pisang raja ini jadi mateng banget, wah daripada kebuang percuma, diinapkan dulu di klukas biar bisa dibuat sesuatu. Setelah gugling-gugling, ketemulah resep Banana Cake yang simpel dan enak, so mari kita coba, tentu saja kemudian saya sesuaikan menurut versi saya sendiri ya.

Saya agak berlebihan pake pisangnya kayanya, ada sisa 7 buah pisang saya pake 6. Resep dari JTT saya kalikan 2, dan ada yang saya tambah kurangkan, sesuai sikon. Saya juga memakai pengembang (baking powder & baking soda), karena gak pake mixer buat ngocok telur dan gulanya (jadi bukan adonan yg mengembang). DI JTT disebutkan penggunaan pengembang kue bisa di skip, dengan catatan adonan telur dan gula harus mengembang sempurna.

So, ini dia resep banana cake kukus a la dirottsaha!

Enak lho, beneran! ;)
Enak lho, beneran! 😉

Bahan:
6 buah pisang matang
4 butir telur (suhu ruang)
100 gr gula pasir
200 gr tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
100 ml minyak goreng (bisa diganti mentega cair)
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda

How to:
1. Lumatkan pisang menggunakan garpu, hal ini menjadikan pisang lumat namun masih menyisakan tekstur (kalau diblender akan menjadi sangat halus). Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula sampai tercampur (bila menggunakna mikser, pastikan sampai adonan mengembang).
3. Masukkan pisang lumat, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur baik. Masukkan tepung dengan cara diayak ke dalam adonan telur-pisang. Aduk adonan dengan spatula, lakukan dengan perlahan agar tidak banyak busa yang mencair.
4. Tuangkan minyak goreng, aduk hingga tercampur rata.
5. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan (dioles mentega & tepung, atau dilapis kertas roti), kukus selama kurang lebih  20 menit hingga cake matang. Tes kematangan cake dengan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel maka cake telah matang.

Note: banana cake ini juga bisa dipanggang, set disuhu 170°C.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *