Pie Susu Teflon

Halo halo semuaaa…

Ehem, kali ini saya mau agak merasa jumawa boleh ya 😀 Karena eh karena saya berhasil eksekusi PIE SUSU TEFLON. Yeeeeaaayyy!!!!! Seneng deh ke ubun-ubun 😀 Hahaha, cetek ya :p

Jadi seperti yang sudah beredar luas di dunia perfesbukan ya, dimana lagi ramai orang-orang baking tanpa oven. Jadi ada cara yang bisa dipakai untuk baking menggunakan wajan teflon saja. Iya sodara-sodara, MENGGUNAKAN WAJAN TEFLON SAJA. Amazing tenin to. Jadi bikin kukis gitu bisa, nastar atawa kastengel gitu juga bisa. Dan salah satu resep yang bersliweran adalan resep pie susu teflon.

Nah, bagi manusia yang juga ga punya oven macam saya ini pastinya gud nyus bingit. Sebenarnya sudah lama pingin eksperimen bikin pie susu ini, tapi takut men. Takut gatot walaupun udah baca resepnya berkali-kali. Nah kali ini pun saya eksekusi resep pie susu ini dengan bantuan adik-adik manis lucu. Dibantuin tante syiita dan tante bungsu, akhirnya kami bertiga eksperimen deh.

Overall sih ga terlalu sulit untuk bikin adonan crust, dan bikin filling, tinggal campur-campur hore tanpa perlu mixer segala. Masalahnya ada sedikit saat meratakan adonan di teflonnya, jadi sebisa mungkin adonan pas (terlalu tipis nanti crust cepat gosong, terlalu tebal takut tidak matang). Harus teliti, apalagi buat koki dadakan dan amatiran macam saya ini.

Nah pada  saat memanggang, tips dari para ahli, lebih bagus jika bagian bawah teflon tidak langsung menyentuh api. Hal ini bisa diakali dengan meletakkan saringan panci kukusan di atas kompor, baru letakkan teflon di atasnya. Bisa dipanaskan dulu dengan api super kecil selama kita membuat crust dan fillingnya, sehingga sudah panas ketika akan digunakan memanggang.

Ketika adonan sudah siap dan rata menutup permukaan teflon, tuangkan adonan filling, dan letakkan teflon diatas kompor atau lapisan saringan yang sudah dipanaskan. Tinggal tutup wajan teflon dan tunggu kurang lebih 1 jam. Lama ya, soalnya api harus super kecil, dan sering-sering di cek ya. Tanda matang adalah, adonan crust sudah berwarna coklat keemasan, dan filling sudah set (keras ketika disentuh).

Resepnya diadaptasi dari resepnya ibu Kumala Sari Dewi yang saya lihat di fesbuk, dengan sedikit perubahan ala saya ya. Berikut resepnya:

PIE SUSU TEFLON

eksperimen berbuah manis :D
eksperimen berbuah manis, crustnya renyah 😀

Bahan:
Crust/Kulit:
250 gr Tepung protein sedang
125 gr Margarin

Filling/Isian:
200 ml Susu kental manis putih
2 sdm Maizena
125 ml air
4 butir kuning telur
1/2 sdt Vanili
sejumput garam

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu dan margarin, aduk hingga kalis. Bisa menggunakan spatula atau tangan saja.
  2. Cetak di teflon. Gunakan teflon diameter bawah/dasar pan 20cm, maksimal ukuran 24cm masih toleransi. Lebih besar dari ukuran diatas crust/kulit akan terlalu tipis dan cepat gosong.
  3. Ratakan adonan crust sesuai teflon. Bisa dibentuk kreatif, atau ditekan-telan menggunakan ujung garpu saja.
    *note: pastikan lapisan anti lengket teflon masih mulus, jika dirasa perlu teflon bisa dioles tipis margarin terlebih dahulu.
  4. Tusuk-tusuk kulit pie dengan garpu agar udara keluar dan tidak menggelembung saat dipanggang.
  5. Campur semua bahan filling sampai licin kemudian saring.
  6. Tuang ke tengah crust yang telah dibentuk.
  7. Taruh teflon di atas kompor dengan api super kecil hingga matang lebih kurang 1 jam. Matang jika crust akan sedikit menjauh dari teflon dan filling jika disentuh terasa padat.
    *note: teflon bisa dialasi dulu dengan lembaran seng, loyang tebal atau saringan panci kukusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *