Manisan Kolang-kaling

Salah satu bahan makanan yang banyak muncul ketika bulan puasa ini selai tentu saja: kolak pisang, adalah kolang-kaling. Biasanya kolang-kaling bisa jadi pendamping kolak pisang, atau muncul di es campur, yap banyak dan biasanya kolang-kaling ini muncul sebagai pelengkap. Kali ini, kita jadikan si kolang-kaling sebagai bintang utama! Jeng… jeng… 😀

Yep, saya pribadi suka sama si kolang-kaling ini karena teksturnya. Kenyal-kenyal adem gimana gitu. Dan bertahun lalu, kalau lebaran dan silaturahmi ke rumah tetangga (tetangganya simbah sih) selalu ada sajian bulat lonjong berwarna merah berasa manis. Turns out it’s the kolang-kaling yang kusuka. Wow, takjub karena memang taunya waktu itu kolang-kaling cuma temennya pisang di dalam kolak.

Nah, karena ternyata kolang kaling itu sangat menyehatkan dan bermanfaat seperi yang sudah pernah dibahas di gulangguling, yuk marilah kita lebih banyak mengkonsumsi kolang kaling! Salah satu cara yang menurut saya menyenangkan yaitu: dibuat manisan. Cara mengolahnya gak ribet, praktis dan relatif singkat waktu pembuatannya.

bayangkan gaes, siang bolong dan makan beginian. maknyos bingit!
bayangkan gaes, siang bolong dan makan beginian. maknyos bingit!

Manisan Kolang Kaling

Bahan:
500 gr kolang-kaling
5 sdt gula pasir
5 sdm sirup merah
1 sdt vanili
sejumput garam
air secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci bersih kolang-kaling, rebus sampai mendidih dengan air biasa, setelah itu tiriskan.
2. Rebus kembali kolang-kaling dengan air biasa, ketika mendidih masukkan gula, garam, dan vanili. Tunggu mendidih kembali, baru masukkan sirup merah.
3. Rebus kembali kolang-kaling sampai menyerap warna sirup dan air menyusut, matikan api.
4. Tempatkan dalam wadah. Sajikan dingin.

Note: setelah kolang-kaling matang, biasanya saya menambahkan air perasan jeruk nipis/lemon untuk menghasilkan efek segar. Tidak terlalu banyak, hanya beberapa tetes saja cukup. Bisa di skip kalau tidak suka.

Note lagi yah, sebenarnya tidak ada aturan saklek untuk warna yang ingin kita hasilkan. Bila ingin warna lain bisa menggunakan pewarna makanan. Tapi perhatikan takaran gula yang dimasukkan. Karena saya pakai sirup merah, maka takaran gula pasir saya kurangi karena takut kemanisan. Disesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Oke, selamat mencubaaa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *