Hamil. #medium: Sep 14, 2014

Bukan, saya lagi gak hamil kok. Cuma ingin surhat dikit aja soal pregnancy. Tapi semoga ya, saya diberi rejeki hamil lagi, aamiin. Ihik.

Konon katanya dari sederet kebahagiaan yang dirasakan wanita selama hidupnya, salah satunya adalah kabar gembira ketika melihat 2strip di testpack yang berarti: selamat, anda positif ha-mil!. Iya sih, apapun kondisinya ya, hamil itu benar-benar anugerah yang luar biasa. Apapun kondisinya seharusnya ini adalah hal yang harus disyukuri.

Kehamilan saya yang pertama, alhamdulillah fine. Lancar jaya hingga melahirkan. Gak kena cerita semacam morning sick atawa soal ngidam. Saya sehat wal afiat! Semoga besok kalau dikasih hamil lagi juga akan lancar selamat sampai melahirkan aamiin.

Mau cerita apa toh… Umm…

Belakangan news feed facebook saya berisi gak jauh-jauh dari soal kehamilan ini. Beberapa teman yang beberapa waktu lalu menikah sudah diberi rizki, sudah diberi hamil, alhamdulillah. Ikut senang dengernya, dan ikut mendoakan semoga segalanya diberi kelancaran sampai melahirkan nanti. Yang kemudian mereka (dengan suka cita tentunya) posting mengenai kondisinya dengan lebih emosional. Ini kata saya lho ya. Menurut sepengamatan dan senaluri saya sebagai perempuan juga. Saya sih fine aja, memang lagi hepi berat kok 😀

Cuma saya jadi pengin ngomong sama mereka itu, yang tentu saja tidak saya lakukan. Mending tak tulis disini aja. Hey kamu yang sedang hamil, jangan cuma fokus sama mual-mualmu itu. Jangan cuma fokus sama kepenginanmu makan indomi itu. Atau jangan cuma fokus sama larangan-larangan yang hinggap padamu sekarang ini. Enjoy saja sist, enjoy.

When I say enjoy, I really mean it. Enjoy lah. Nikmati saja. Nikmati waktu luangmu dan suami, mesra-mesralah, jalan-jalan hepilah. Larangan dari suami dan orang tua, itu adalah tanda sayang. Hal-hal yang kamu pengin banget, itu bisa nanti. Mual? Ya sudah jalani saja.

Saya dulu mengira, ketika masa hamil berakhir dan akhirnya melahirkan artinya adalah kebebasan. Iya. Bebas dari rasa mual, bebas mau makan apa aja, bebas dari encok pegel linu. Yang mana tentu saja saya salah besar dong. Welcoming baby means pembelajaran lebih bagi orang tua baru terutama ibu. Belajar menyusui dan mengurus bayi. Hepi banget, tapi cape juga. Inget lho, ada 1 manusia kecil yang harus selalu diperhatikan kenyamanannya. Ga ada yang paling penting selain kenyamanan si bayi.

Jadi, ayo dong yang lagi pada hamil muda, hamil tengah, hamil tua, senyum dan enjoy. Tuhan memberi anugerah padamu dalam tubuhmu, maka syukurilah. Sayangi dirimu juga. Gak salah kok manja-manja sama suami, atau jalan-jalan asik menghibur diri. Ingat lho, yang hamil itu harus hepi.

Selamat hamil 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *