Bolu Zebra Kukus

Setelah kemarin eksperimen di dapur nyobain resep pie susu teflon dengan gembira ria, karena di resep hanya menggunakan kuning telur, jadi punya sisa putih telur. Bingung mau diapakan ya, daripada cuma dimatengin biasa, saya carilah resep yang pakai putih telur.

Gugling resep dan ada satu yang saya pikir eksekusinya cukup mudah, yaitu: cake zebra kukus. Kenapa kukus? Karena saya gak punya oven dong. Kok gak pakai teflon lagi? Jawabnya: gak bisa. Jenis-jenis kukis atau kue kering masih oke kalo dipanggang menggunakan bantuan teflon, tapi kalo jenis bolu-boluan kayanya saya ga yakin sih.

Sebenarnya ada cara lain untuk memanggang kue tanpa oven, yaitu menggunakan magiccom. Stepnya kurang lebih sama seperti menanak nasi, hanya untuk mendapatkan tingkat kematangan bolu yang pas kita harus beberapa kali menekan tombol cook. Kapan-kapan bisa kita praktek deh ya.

Resepnya saya lihat dari resep di cookpad milik mbak aning mirza, tapi berhubung putih telur yang saya punya setelah diukur cuma ada 150 ml, saya akhirnya hanya pakai setengah resep. Praktis semua bahan di resep ini saya bagi dua penggunaannya.

Untuk pengocokan putih telur, lebih baik jika menggunakan mixer, karena akan cepat mengembang dan menghemat proses pembuatan adonan. Dan beginilah hasil eksperimen saya bikin cake zebra kukus, gak sempurna karena saya skip penggunaan TBM. Kurang mengembang juga karena api kurang besar sedikit. Tapi worth to try lah, kali besok nyobain lagi bisa lebih sukses. Ya kan? *pembelaan 😀

cake-zebra

Cake Zebra Kukus
resep mbak Aning Mirza

Bahan:
300 ml putih telur
130 gr gula halus (saya pakai gula pasir)
¼ sdt garam
1 sdt TBM
½ sdt vanila
150 gr terigu
½ sdt baking powder
50 gr margarin, lelehkan
1 sdt essence almond
2 sdm pasta coklat (saya pakai coklat bubuk)

Cara membuat:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *